Wednesday, July 24, 2019

PENGERTIAN SIKAP PESERTA DIDIK

PENGERTIAN SIKAP PESERTA DIDIK

Pengertian Sikap Peserta Didik, Menurut Slamento (2010 : 188)  sikap (attitude) merupakan sesuatu yang dipelajari, dan sikap menentukan bagaimana peserta didik bereaksi terhadap kegiatan pembelajaran serta menentukan apa yang dicari peserta didik dalam pembelajaran. Sikap berkenaan dengan suatu objek yang bisa disertai dengan perasaan positif atau negatif. Peserta didik yang mempunyai sikap positif terhadap suatu objek apabila dipandang bernilai, sedangkan akan bersikap negatif terhadap objek apabila dipandang tidak bernilai.  Sikap peserta didik terbentuk melalui bermacam-macam cara, antara lain melalui : 1)Pengalaman yang berulang-ulang; 2) Imitasi; 3) Sugesti; dan 4) Identifikasi.

Menurut Syah (2010 : 118) pengertian sikap adalah perwujudan perilaku peserta didik yang ditandai dengan munculnya kecenderungan-kecenderungan baru yang telah berubah (lebih maju dan lugas) terhadap suatu objek, tata nilai, peristiwa dan sebagainya. Kecenderungan tersebut relatif menetap untuk bereaksi dengan cara baik atau buruk.

Menurut Ngalim (1997 : 141) pengertian sikap adalah suatu kecenderungan untuk bereaksi dengan cara tertentu terhadap suatu situasi yang dihadapi.  Menurut Muslich (2007 : 125) sikap adalah perilaku dan keyakinan peserta didik terhadap suatu objek, fenomena, atau masalah.  Sedangkan menurut Djaali (2008 : 10) sikap adalah kecenderungan seseorang dalam melakukan berespon terhadap pembelajaran.

Menurut Siskandar (2008 : 440) pengertian sikap adalah kecenderungan tingkah laku yang dilandasi oleh suka dan tidak suka terhadap suatu mata pelajaran dan positif atau negatif terhadap suatu mata pelajaran,  Menurut Kerlinger (2006 : 794) sikap merupakan struktur yang awet yang terdiri atas pandangan dan keyakinan.  Sikap Peserta didik pada umumnya diukur dengan menggunakan angket.

Menurut Dimyati (2006 : 12) sikap adalah kemampuan menerima atau menolak obyek berdasarkan penilaian terhadap obyek tersebut.  Menurut Sudjana (2009 : 80)  sikap diartikan sebagai reaksi seseorang terhadap suatu stimulus yang datang kepada dirinya.  Ada tiga komponen sikap, yakni kognisi, afeksi dan konasi.  Kognisi berkenaan dengan pengetahuan seseorang tentang obyek  atau stimulus yang dihadapinya, afeksi berkenaan dengan perasaan dalam menanggapi obyek tersebut, sedangkan konasi berkenaan dengan kecenderungan berbuat terhadap obyek tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian sikap peserta didik adalah perwujudan perilaku atau respon peserta didik terhadap pembelajaran yang bisa ditunjukkan senang atau tidak senang, suka atau tidak suka. Sikap peserta didik tersebut bisa positif kalau situasi yang dihadapinya dianggap bernilai akan tetapi bisa juga  negatif kalau situasi yang dihadapinya dianggap tidak bernilai.




Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon